8.01.2014

The Power of Gengsi

Assalamualaikum wr.wb.
Shalom
Ohm swastiastu
Emang capres doang yang bisa?

Kita mulai dari definisinya... Gengsi itu menurut gue suatu perasaan yang memengaruhi diri lu sendiri. Suatu perasaan yang membuat lu ingin harga diri lu terlihat lebih tinggi di mata oranglain. Kenapa terlihatnya gue bold? Ya karena harga diri lu jadi tinggi itu cuma di mata orang lain aja. Aslinya? Aslinya nggak hahaha. Menurut gue orang gengsi malah nurunin martabat dia sendiri. Banyak gaya. Gengsi itu udah woow menjadi virus menular yang super membahayakan di Indonesia, terutama Jabodetabek. Oiya ayo kita liat definisi gengsi menurut KBBI! Kalo pada gangerti, yaudahlah pake definisi dari gue aja... Gue juga gangerti kenapa KBBI ini terlalu menyulitkan otak gue untuk bernafas.

Kalo lu pada gapaham ya itung aja koreknya ada berapa. Itu memang sengaja gak gue krop :")

Jadi kalo kita perhatikan sekitar dengan seksama, gengsi itu udah mendarah daging di Indonesia. Dari lingkungan kecil aja nih. Misalnya ada 1 warga di sebuah RT yang berhasil beli mobil ayla, pasti ada tetangga lain yang beli mobil brio beberapa bulan kemudian. Terus deh pada nyusul. Ada lagi yang beli yaris, disusul jazz. Kenapa? Karena budaya Indonesia ya gitu! :)) Semua orang ngeluh macet sana macet sini. Jakarta macet, Jakarta ini, Jakarta itu. Padahal dia sendiri naik mobil, ngeluh macet di dalem mobil, dan dia naik mobil sendiri di saat ada banyak moda transportasi umum yang sudah dibenahi oleh Pemprov. Tadaaa. Buat apa dia naik mobil? Memang kerjaan dia yang menuntut dia untuk naik mobil? Susah menjangkau transportasi umum? Atau gengsi? Gue gak begitu mempermasalahkan orang yang bawa keluarganya jalan-jalan naik mobil, nggak. Yang gue omongin hanya orang yang sendiri, naik mobil di saat bisa naik transportasi umum.
Oke gue buat pengecualian untuk supir taksi nyari penumpang

Semua dimulai dari gengsi. Kalo ga ada gengsi di dunia ini, mobil ga akan sebanyak ini. Beneran. Perhatiin aja sekitar lu berapa banyak orang yang tiba-tiba beli mobil saat tetangganya abis beli mobil. Wahahah pasti banyak. Gengsi itu membuat kebutuhan sekunder, bahkan tersier, mendadak menjadi kebutuhan primer. Itulah warga Indonesia. Gengsinya gede :)) saking gengsinya, otaknya sampe ga ada. Kalo beli apa-apa brand impor, brand luar negeri. Padahal ada banyak usaha-usaha sodara kita sesama warga Indonesia yang harus kita dukung. Memajukan negara orang sambil menjatuhkan negeri sendiri :))

Gue gangerti ada tradisi darimana orang-orang kalo nongkrong harus di s*evel atau ck. Gue bener-bener gangerti. Gue jarang ke s*evel. Paling gue ke sana kalo lagi mau roti bantal keju sama hot dognya... Itu emang enak sih T_T iya, gue bingung sama anak sd-smp yang sekarang kerjaannya nongkrong di tempa-tempat tadi sambil megang tablet... Wow... Umur segitu gue baru megang congklak sama bola bekel perasaan. Gue jadi wondering sendiri apa anak kecil itu pada bisa main taplak meja? Bekel? Congklak? Mereka nongkrong di tempat itu hampir tiap minggu, atau tiap hari secara rutin biar dibilang keren! Wahahah. Padahal cuma beli ciki make saos keju :") gue gak mempermasalahkan orang yang mencari wifi untuk tugas kok nggak... Soalnya gue juga pernah dan ngomongin akses internet di Indonesia.... Yaudahlah :") gausah berharap pada menteri yang ngefollow acc bokep :")

Ya tapi s*evel dan ck memang tempatnya asik sih buat nongkrong-nongkrong gajelas sambil nunggu orang.... Yah gimana ya... Susah juga.

Gue juga gangerti kenapa kebanyakan orang pada milih m*cd daripada CFC. CFC TERNYATA PUNYA INDONESIA DAN.... Sumpah gue baru tau beberapa bulan lalu. Pas kecil gue suka banget CFC soalnya masih deket dari rumah. Ada di pasar Kebayoran. Kalo di Bintaro ga ada CFC jadi gue ujung-ujungnya ke m*cd juga -_- huf.... Gue pernah jalan di SGM. SGM itu Solo Grand Mall. Di situ ada banyak foodcourt gitu kan, ada CFC juga... Terus CFC sepi terus gue kasian ._. Gue emang orangnya gampang kasian sih... Gue selipin cerita dikit ya.

Tau lambang bebek di roti swanish gak? Kadang gue kasian sama bebeknya kalo roti swanishnya masih banyak..... Bebeknya itu innocent banget... Kayak hokben juga... Hixhix. Tapi hokben udah berubah. Dia udah mahal... TAPI DIA PUNYA INDONESIA JUGA LOH!!!

Tapi daripada makan di tempat begitu sebenernya gue lebih prefer ke kaki lima sih WAKAKAK. Apalagi kalo enak. Huwooow. Pas di lidah pas di kantong. Ya sayang aja sih kalo tempatnya rada panas.... Tapi gapapa. Mereka lebih butuh rejeki daripada pemilik hokben :")

Malah ngalor ngidul kemana-mana... Jadi gengsi itu hebat. Hanya karena gengsi, orang-orang bisa terlihat tinggi harga dirinya di mata orang lain. Padahal nggak. Kalo makan sama temen-temennya aja kan di mana ya nyarinya yang mahal-mahal macem pepper lunch, atau apalagi yang mahal gue gatau. Padahal kalo beli sayur yang impor-impor juga, yang seiket 2000. Mana mau dia beli sayuran organik yang seiket 7000. "Gaada yang liat ini gue makan sayuran harga segitu. Gaada bedanya juga." Padahal itu sayuran 7000 hasil petani Indonesia yang kalah harga sama produk impor. Poor Indonesia. Rakyat rada sedeng, gengsi gede, ada restoran murah punya anak bangsa gak laku, ada sayuran mahal karya dalam negeri juga gak laku.

Oiya gue juga gangerti sama orang yang demen banget ke st*rbucks ._. Seumur-umur gue blm pernah loh ke situ... Beneran... Eh udah ding sekali waktu Arda nraktir 1 cup buat berempat. Arda memang medit. Enak sih enak emang wakakak. Cuman gue gangerti aja kenapa pada suka di sana ._. no offense ya ._.V temen-temen gue banyak yang suka ke sana soalnya tapi gue cuma gangerti kenapa... Mungkin karena suasananya kali yah. Emang enak sih suasananya waktu gue ke sana.

Jadi itulah kenapa nanam usaha di Indonesia itu, gak sulit bagi pengusaha asing. Yaiyalah rakyatnya pada gede gengsinya. Buka satu, buka cabang sono sini terus laku. Padahal Indonesia sendiri belum cukup sejahtera rakyatnya. Jadi tolong yah setelah baca post ini. Coba deh turunin gengsi lu! Kalo lu udah bisa baca blog ini, harga diri lu udah tinggi kok di mata banyak orang di luar sana. Lu sudah punya gadget untuk internetan saat mereka hanya bisa gambar-gambar laptop pake kapur di tembok orang :))

Gue berpendapat di atas terutama untuk orang yang belum banting tulang sendiri... Masa iya orang tua lu cuma makan nasi padang tapi lu di luar sana makan chicken katsu tiap hari :))

Gengsi itu percuma, karena pada akhirnya seberapa terhormat diri lu di mata orang lain, seberapa terlihat kaya diri lu di mata orang lain, belum tentu membuat diri lu sekaya dan seterhormat itu di mata Tuhan :)) Silahkan belajar nurunin gengsi. Kurangi sesuatu yang gak perlu yang hanya membuat lu terlihat boros. Kurangin juga gengsi kalo lagi PDKT. Keburu dicomot orang! Sekian dari gue. Wassalam :))